Iya cerita aja ini mah.

Ada diantara kalian yang menjelaskan sesuatu begitu berdedikasi begitu mendetil begitu panjang begitu rinci begitu khawatir si penerima informasi akan kebingungan setelah bertanya?

Dan lalu setelahnya, penerima informasi akan menjawab: oh.

Atau ooo, dengan variasi barisan huruf O satu dua atau tiga buah.

Atau dengan tambahan variasi modifikasi sehingga menjadi ‘o gitu’. Terkadang dengan kebaikan hati si pembalas akan menambah kata ‘ya’ atau ‘hehe’ menjadi ‘o gitu ya’ atau ‘o gitu hehe’.

Atau, atau.. Bagi kalian pengguna aplikasi BlackBerry Messenger, tentu tahu dan pernah memasang status soal apapun. Dan satu dua teman kalian akan bertanya soal status tersebut. Dan lalu, kalian akan menjelaskan dengan senang hati bahkan rinci.

Tentu, tidak semua hal kita mengerti atau kita tertarik. Termasuk soal penjelasan tersebut, bagi mereka yang-tidak-tertarik-dan-menyesal-bertanya, akan dengan senang hati membubuhkan tanda silang dengan huruf R, alias dibaca saja.

Bagi sebagian teman saya yang lain, mendapat informasi yang baru akan membakar semangatnya untuk bertanya lebih banyak. Jika dia tidak begitu, dia tidak akan pernah menjadi kondang dan tampan seperti sekarang. Supel dan menyenangkan– Harry Patra. Dia salah satu sahabat kesukaan saya. Dia mempelajari hal baru dan tidak tertutup pada informasi.

Teman-teman di BlackBerry Messenger…ayolah mari kita akui bersama: sebagian besar dari mereka kita terpaksa berteman. Padahal tidak benar-benar menggunakan aplikasi itu untuk berbincang. Kita semua kadang terpaksa: karena satu grup, karena teman sekolah, karena teman semasa kecil, karena banyak hal lainnya. Berapa banyak diantara mereka yang terpaksa kita terima permintaan pertemanannya lalu berbincang akrab dan dengan intensitas layaknya seorang teman?

Sisanya hanya akan berbasa-basi, ‘apa kabar? Udah nikah?’ Dan setelah dijawab, akan dibalas lagi ‘oh’. Lalu seketika mereka dan kita hilang seperti asap. Tidak akan pernah lagi memulai pembicaraan kecuali pesan tulisan berwarna ungu mengucapkan selamat idul fitri.

Jika kesadaran kita mulai tergelitik, bahwa teknologi mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat juga yang telah sangat jauh; selamat akal sehat kita masih bekerja.

Pernah kita sadari? Akankah berbeda jika kita bertemu teman lama di jalan, di toko buku, di pasar, dimanapun tempat kita bisa bertatap dan berpapas, berjabat tangan? Kerinduan benar datang. Tidak dipaksakan. Padahal dalam BlackBerry Messenger, penawar kerinduan hanya sebatas jempol dan tombol.

Saya dan sahabat saya, Aby, sering sekali membincangkan soal pertemanan dan keterpaksaan yang mengikutinya. Di sekolah atau tempat kerja, kita terkadang tidak benar-benar berteman. Kita hanya terpaksa mengenal karena fungsi tempat yang sama dimana kita berada. Tidak benar-benar kita mendapat sahabat atau teman yang dengan bebas kita menjadi diri kita seperti jika kita bertemu dengan teman di satu komunitas.

Begitupun teman yang hanya sebatas BlackBerry Messenger: kita berhenti mencari tahu karena setiap kegiatan mulai dari kelahiran, pernikahan, kematian, kesedihan, kebahagiaan, kesialan akan dengan mudah kita temukan dalam recent update.

Akibatnya, obrolan yang seharusnya hangat seperti ketika berpapas dan jabat tangan, akan berakhir kering dengan kata ‘oh’ yang tergantung kemurahan hati lawan bicara memberi variasi ‘oh gitu’ ‘oh gitu ya’ ‘oh gitu hehe’.

Tapi satu hal yang harus diingat: tetaplah hangat pada siapapun lawan bicaramu. Dengan berpapas atau berjabat tangan. Dengan tombol dan jempol. Dalam hal apapun. Serahkan pada kemurahan hati lawan bicaramu: ‘oh’ ‘oh gitu’ ‘oh gitu ya’ ‘oh gitu hehe’ atau sama gembiranya sepertimu membalas pesan dan kabar darimu sebagai seorang teman.

Advertisements

3 thoughts on “Cerita Aja Ini Mah: Oh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s