Kepalanya besar. Tapi ia tak besar kepala. Pria Simarmata ini selalu menghidupkan suasana. Terkadang ia menghidupkan jiwa kami, para sahabatnya ketika sedang tertunduk atau jatuh terduduk.

Zaenal. Sainal. Jae. Zaeblay.

Ia adalah bukti ketangguhan seorang ibu. Bukti nyata ketekunan.

Kala jauh sebelum sekarang, kami sama-sama saling berbagi cerita menyamakan kisah. Bagaimana teman-teman kami yang setiap tahun bertamasya ke Eropa, berziarah ke Palestina atau Mekah, membeli telepon genggam, komputer lipat, dan juga teman yang bangga mendapat indeks angka prestasi 3,99– yang tentu kami tak mendapat semuanya.

Darinya, seorang–saya memanggilnya dengan panggilan kesayangan– Sainal, saya belajar: tak perlulah menyembunyikan apa yang tak perlu disembunyikan.

Kegemaran waktu luangnya yang tak pernah digemarinya selama ini adalah menjaga warung milik ibunya. Suatu ketika, saya pernah berkata, jaga saja dulu warungnya sekarang, suatu saat nanti, kamu akan dengan bangga membangun sebuah perusahaan retail bermerek Circle Naga — pesaing pesohor Circle K– Amin.

Seorang Sainal begitu istimewa di mata kami, para sahabatnya yang mencintainya. Tanpanya sebuah ruang akan sepi kaku tanpa tawa, tak ada yang mengejek dan diejek.

Sainal menjadikan kisah hidupnya, yang mungkin jika kami menjalani akan penuh melankoli wanita penuh ratap– menjadi sangat lucu dan syukur untuk dijalani.

Berkat seorang ibu yang tangguh juga setia berpuluh tahun menjaga, dan dua kakak perempuan yang mengokohkan kakinya untuk tumbuh dan tegak sebagai seorang pria.

Tokoh kesukaannya sepanjang hidup adalah tentu ibunya. Kami akrab memanggil beliau dengan Ibu Naga. Pernah suatu ketika Sainal bercerita, ibunya yang akan begitu mudah dicintai: ibunya yang telah tua dan tangguh– membuatkan Sainal mie instan, dengan sayur daun singkong– agar terpenuhi permintaan Sainal menggunakan toping sayur dalam mienya.

Sainal sering mengatakan, betapa ia bersyukur pada apapun yang rela Ibu Naga lawan dan lakukan agar Sainal dapat sekolah di sekolah terbaik. Baginya–bagiku juga, sekolah kami adalah seperti kampus Ing Te– tempat Tao Ming Tse dan Sancai dalam Meteor Garden belajar.

Juga hinaan dan permusuhan yang dilakukan tetangganya– Mak Rum– yang penuh kebencian memusuhinya, karena mereka keluarga minoritas– tapi tak pernah lupa ikut turut andil memperpanjang piutang Ibu Naga.

Tapi ibunya menjaganya dalam penjagaan yang tidak cengeng juga lemah.

Ibunya begitu tangguh dengan penjagaan kuat. Sainal sering beberapa kali bercerita, merasa ketakutan tidak dapat membanggakan ibunya yang hanya dia miliki– penopang hidupnya.

Ibu Naga, tunai sudah kerjamu berpuluh tahun terbayar: anakmu telah menjadi Jaksa. Seorang penegak hukum. Seorang yang berdiri sendiri di tempat jauh membanggakanmu.

Ibu Naga, khawatirlah sedikit saja. Anak lelaki sesatumu sedang membuktikan: peluh dan iluhmu berpuluh tahun akan terbayar dengan haru bangga.

Sainal sudah menjadi Jaksa. Ia pria batak yang tunai menebus tradisi: merantau ke negeri jauh untuk mengangkat nama keluarga.

Sainal akan menjadikanmu bangga dan bersyukur: tidak pernah menyerah dalam kesulitan. Membesarkan anak yang sulit diperintah menjaga warung– ternyata begitu kuat melahirkan bangga.

Tetap setialah Ibu Naga pada kepercayaan.

Hingga nanti akan terbangun perlahan: sebuah perusahaan besar dengan nama ibunya, pesaing pesohor, yang tak akan terkalahkan– Circle Naga. Simbol besar cinta anak lelaki Batak pada ibunya yang sederhana, tangguh, tapi penuh cinta.

*Selamat ulang tahun telah lewat Sainal Simarmata. Selamat menjadi Jaksa. Kami sahabatmu teramat bangga padamu.

Advertisements

One thought on “Circle Naga

  1. dia juga pernah menjadi motivasi hidupku disaat roda kehidupan ku berada di bawah. dia pernah mengatakan bahwa, aku harus lebih sadar untuk melihat disekelilingku banyak org yang lebiih kekurangan di banding aku. ternyata dia benar. aku lupa untuk bersyukur hehehe..

    well we still have the awkward moment when only us (means me and him) hahaha.. he is not even doing funny thing to crack the atmosphere.
    still he is my best friend ever!

    happy rebirth dear sainal, may u finally found the girl who madly in love with you and always take care of you. xoxo

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s