Setiap suap makanan adalah kumpulan ribuan jerih payah

Indonesia. Lagi-lagi harus tidak pernah selesai saya puji puja kekayaannya. Kekayaan modifikasi dan kultir kulinernya– mungkin– tidak tertandingi. Dalam satu pulau bisa terdapat banyak sekali variasi dari satu jenis makanan. Bisa dikalikan tempat dikalikan lagi dengan jenis dan variasi.

Saya akan membahas mengenai Lontong!

Lontong kari, lontong sayur, lontong padang, lontong petis, kupat tahu, tahu kupat, kupat kupang, lontong sate, lontong soto. Dan kita tidak akan pernah selesai menuliskannya.

Tapi bintang utama dalam tulisan kali ini adalah lontong kari. Lebih tepatnya Lontong Kari Kebon Karet yang melegenda begitu mahsyur.

Lontong Kari Kebon Karet adalah bahkan disebut-sebut sebagai pusaka kuliner tradisional Indonesia yang masih eksis. Kritikus kuliner termahsyur Indonesia, Pak Bondan Winarno bahkan memasukkan Lontong Kari Kebon Karet dalam daftar nomor pertama makanan yang wajib dimakan jika kita berkunjung ke Bandung.

Dan memang benar, Lontong Kari Kebon Karet adalah lontong kari terbaik yang pernah saya makan. Tentunya dengan klasifikasi variasi yang sama.

 Yang istimewa tentunya: kuah santannya! Begitu intens dengan kaldu, tapi tidak berat dan berminyak. Tidak juga pula membuat ‘enek’. Dominasi rasanya gurih manis. Rasanya sangat otentik sunda. Ketika ditelan, ada aroma yang tidak bisa saya gambarkan kelezatannya. Intinya pertanyaan soal aroma yang dirasakan akan membuat kita mengulangi menelan kuah hingga habis. Lontongnya lembut halus. Lontong ya, bukan kupat. Didalam kuah terdapat irisan daging sapi, dilengkapi telur puyuh, dan kentang kari (kentang berukuran kecil sebesar telur puyuh). Lalu diatasnya disajikan juga emping melinjo goreng, ditaburi kacang kedelai, dan bawang goreng. Jangan lupa mengucurkan jeruk purut yang disediakan. Rasa asamnya membuat sempurna dan menghilangkan rasa enek lemak santan. Intinya: seluruh komponen dari setiap bahan membuat semangkuk lontong kari begitu terasa sempurna. Saya pribadi, suka mengaduk kuning telur puyuh yang menambah rasa intens santan.

  

Lokasi Lontong Kari Kebon Karet terletak di Gang Kebon Karet. Beberapa meter dari jalan raya, masuk ke dalam gang, terdapat sebuah rumah berwarna merah, didalamnya terdapat beberapa kursi meja khas warung makan. Gang Kebon Karet sendiri tidak jauh dari pusat kota. Dekat dengan Kartika Sari Kebon Kawung. Atau kalau dari arah Cihampelas, turun ke arah Wastukencana, arah Padjajaran ambil kiri ke Cicendo, lalu ambil kiri lagi, disebelah kiri jalan ada sebuah gapura gang warna putih bertuliskan cat merah: Kebon Karet. Disitulah letaknya.

Yang menyenangkan dari tempat ini adalah, meskipun tempatnya legendari tapi kita tidak perlu mengantri dan berebut untuk membeli. Tempat ini tidak pernah penuh sesak, tapi selalu saja ada pembeli yang tidak pernah berhenti. Mungkin ini dikarenakan jam operasional yang panjang, dari pukul 07.00 pagi – 20.00 malam.

Harga seporsinya masih masuk akal untuk anak sekolah seperti saya. Untuk satu porsi lontong kari biasa seharga Rp.17.500; dan untuk lontong kari spesial (perbedaannya ditambah setengah butir telur rebus) seharga Rp.19.500. Harga tersebut sangat pantas untuk ditukarkan dengan kelezatan yang saling terkait dari setiap kombinasi.

Saya tidak berlebihan dalam menggambarkan rasanya. Bahkan saya tidak cukup bisa menggambarkan kenikmatan rasanya dari setiap komponen dalam mangkuk yang saling menunjang. Saya hanya bisa meminjam kata-kata idola saya Umar Kayam: mak nyus!!!

Sedikit cerita, bahkan saking jatuh cintanya dengan Lontong Kari Kebon Karet, teman saya Teh Tia, rela jauh-jauh berangkat subuh dari Bekasi menaiki bus kota turun di Leuwi Panjang lalu naik angkot, untuk menikmati 2 porsi Lontong Kari Kebon Karet lalu setelahnya langsung pulang kembali ke Bekasi. Sendirian! Hahahaha.

Percayalah, ini adalah pusaka Bandung yang akan membuat kita makin jatuh cinta makin dalam pada Bandung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s