Aku sering bertanya. Pada kepalaku sendiri. Kenapa manusia bersujud? Ketika Tuhan yang ia sembah adalah Maha Tinggi.

Aku sering bertanya. Mengapa manusia membungkuk? Ketika Tuhan yang ia sembah adalah Maha Tinggi.

Aku sering bertanya. Mengapa manusia tertunduk? Ketika Tuhan yang ia sembah adalah Maha Tinggi.

Aku lebih sering bertanya. Mengapa manusia tak sedikitpun mendongak dalam ibadahnya? Hanya untuk sedikit mengintip Sang Maha Tinggi.
 
Ada yang ajaib dalam sebuah ritual dan sujud. Ia mengisi energi. Ia menghidupkan hati. Ia melembutkan jiwa. Ia melunakkan keangkuhan. Ia meremukkan dendam.

Sering kerap aku bertanya. Kita berada dalam kemabukan tertinggi bahkan ketika kepala kita berada lebih rendah dari kemaluan kita.

Sering kerap aku bertanya. Kita berada dalam ketenangan tertinggi bahkan ketika kita menyentuh sedekatnya tanah.

Bumi memberi energi. Pada jiwa-jiwa yang memang membuka dan mencari. Bumi–melalui sujudmu, memberi tahu: jiwa-jiwa pandir yang bebal tak tahu menahu, tak tahu malu: engkau selalu dijamu dalam sujudmu.

Aku mengerti lama kelamaan. Bahwa titik tertinggi adalah justru ketika kepalamu menyentuh tanah. Pada titik lebih rendah dari kelaminmu. Dari syahwatmu. 

Bahwa mengintip Sang Maha Tinggi tak bisa sembari mendongak. Mengangkat kepala dengan jumawa dan pongah. Kemahatinggian hanya akan kita temui ketika kita adalah serendah-rendahnya diri kita. 

Keterisian yang paling penuh adalah ketika kita justru sedang sekosong-kosongnya. Tidak memiliki apa-apa lagi yang tersisa.

Cukuplah Engkau sebagai isi. Saksi. Perisai dan pakaian. Cukuplah Engkau sebagai penghitung. Cukuplah Engkau sebagai ubun-ubun dan nafasku. Betapa aku jatuh cinta. Sungguh betapa aku jatuh cinta. Betapa aku jatuh cinta.  Sungguh cukuplah Engkau, yang padaNya aku jatuh cinta. 

Leave a Reply

