Hari ini kalau dikonklusikan akan sangat panjang. Bisa jadi membosankan bagi siapapun yang gak ada keterikatan atau tidak cukup punya hati gembira karena melihat orang gembira. 
Jadi, ceritanya dipangkas. Intinya: hari ini aku teramat gembira! Banget banget! 
Dapet banyak hadiah. Punya buku baru. Main sama orang-orang yang gembira hatinya dan jernih pikirannya 😍 alhamdulillah. 

Tadi sehabis hujan, duduk di Balai Kota. Masih sendirian karena nunggu rombongan bedol desa yang masih dijalan naik Grab Car. Baca fabel baru hadiah kesukaan. Pasang earphone setel pupuh Kinanti. Iya! Aku anak muda yang gak biasa karena playlistnya macam begitu. Tapi siapa mau jadi biasa? Udah kebanyakan. — Lalu datang seorang bapak tua, perawakannya kecil, kulitnya coklat, mukanya bersih, pakai hem lengan pendek, bawa ransel hitam dan tangannya membawa setumpuk buku kecil. Buku-buku itu terdiri dari dua jenis buku: tuntunan shalat lengkap dengan cover ungu dan Juz Amma dengan cover merah. 
Bapak itu menawarkan buku tuntunan shalat lengkap,

“Neneng mau?”

Tapi aku melongokkan kepala, menunjuk pada Juz Amma. Diserahkannya Juz Amma itu padaku. Aku girang berterima kasih. 

Lalu Bapak itu bertanya: Neneng lagi apa? Sekolah? Dimana? Lalu aku jawab. Bertanya lagi Bapak itu: jurusan apa? 

Hukum, kujawab.

Lalu apa yang Bapak itu katakan?

Equality before the law, burgerlijke wetboek, wetboek van straafrecht, rechtstaat, maachtstaat, wetboek van kophandel. Dalam wetboek van kophandel, kitab undang-undang hukum dagang pasal sekian dikatakan bahwa mengenai apabila jika terutama bagaimana bahwa aku bahkan tidak bisa mengingat apa itu yang Bapak itu katakan karena terlalu detil dan rumit. 

Aku terpesona. Kupersilahkan Bapak itu duduk disampingku. Setelah lama berbincang asyik, aku bertanya namanya dan memperkenalkan namaku. Namanya Pak Sutan. 

Sebenarnya banyak sekali yang dibicarakannya, tapi aku dan otak bebalku justru teramat bodoh karena melupakan hal yang harus diingat dan mengingat hal sampah yang harus dimusnahkan. 

Tapi yang paling kuingat yang dikatakan Pak Sutan adalah:

“Neneng menyadari gak? Kalau selama ini orang selalu bilang ‘berat’. Seharusnya massa. Kalau berat ukurannya harus newton, bukan kilogram. Berat itu akan berubah, sedangkan massa tidak. Kalau saya tiba-tiba mengatakan di kerumunan orang ‘massa’ yang merujuk pada berat badan, berat tas, berat jinjingan; pasti saya akan dikatai bodoh dan gila. Begitupun keadilan. Hal yang disebut adil adalah apa yang sudah lebih dulu diamini orang banyak”

Lalu aku bertanya, “berarti semua hal semua konsep semua sebutan semua perihal itu berdasarkan konsensus ya Pak?”

“Tepat. Keadilan itu tidak selalu sama rata. Selama ini orang mengira sama rata. Padahal tidak. Ada keadilan distributif ada keadilan komutatif”

“Ah, Aristoteles ya Pak!”

“Tepat lagi!”

Lalu rombongan bedol desa yang aku tunggu sampai. Dan Bapak itu pamit, karena istrinya menunggunya. 

Oh iya, sepanjang percakapan, Pak Sutan sering sekali menggunakan istilah dalam Bahasa Inggris. Sebelum pergi, Pak Sutan memenuhi permintaanku memberi tanda tangan beliau di Juz Amma merah yang baru kuperoleh. Lengkap dengan harapan baiknya untukku. 

Dan Pak Sutan menjadi pemantik kegembiraanku sepanjang sisa hari. Betapa dengan menjadi orang yang menyenangkan, ramah, berpengetahuan, dan ringan berbagi sudah berdampak besar bagi orang lain. Yang hanya tidak lebih lima belas menit kau temui. Memori baik umurnya panjang. Meskipun perkenalannya hanya sangat sebentar. 
Sehat dan gembira selalu, Pak Sutan. Masih banyak anak muda yang harus Bapak sapa dan ajak bicara: untuk sekedar bergembira dan membuka kepala.

#30dayschalenge #1hari1tulisan #day1

Leave a Reply

